Thursday, June 09, 2011

bayi riang ibu senang

...

saya memilih produk bergambar anak berjambul ini ketika waktunya belanja baby care buat sali. zwitsal (engga ini bukan posting bersponsor). alasannya sebenernya karena saya suka baunya dan packagingnya bagus buat layout baby taffel... ahahah. tapi kalo saya bisa bagi sedikit selah dalam belanja baby care.. jangan kalap (kaya saya) dan end up beli barang yang penting demi layout si baby taffel tadi.. dan hip hip hura keinginan belanja saat itu. sebenernya basic yang ibu perlu sepengalaman saya sama sali yaitu...

1. 2-in-1 baby bath
ga usah tergoda buat beli sabun mandi dan shampo yang pisah pisah. kalo di zwitsal, namanya 2-in-1, setahu saya kalo johnson n johnson namanya top to toe. soalnya mandiin bayi, konsentrasi nya banyak... dan kalo pas masih kecil banget, kita suka ga tega kelamaan mandiin dia. jadi setelah selesai di sabun di atas baby taffel atau tempat tidur, langsung kita cebur bilas di bak mandinya. paling praktis yang dengan kemasan seperti botol besar diatas, tinggal crut.. dan gampang di beli isi ulangnya.

2. minyak telon
kebetulan kalo zwitsal ada minyak telonnya juga. kalau pigeon setahu saya namanya warming oil. minyak telon ini penting buat sehabis bayi mandi atau habis ganti popok. bair si bayi merasa hangat, terhindar dari masuk angin. saya cocok sama minyak telon zwitsal ini. wangginya ga terlalu tajam dibanding minyak telon lain. jadi kalo sali pake, dicampur wangi bau hair lotion.. anget anget wangi ngangenin banget.

3. baby wipes (tisu basah)
ini benda super duper penting. walau pas bayi banget saya masih rajin pake kapas bulet yang di siram air panas, untuk membersihkan jika sali buang air. tapi makin besar dia makin ga bisa diatasi sama kapas kecil. lagipula tisu basah biasanya punya kandungan pelembab yang bikin pantat bayi ga lecet. zwitsal punya versi besar buat bulana, dan yang kecil untuk dibawa bepergian.

4. baby oil
baby oil penting buat bersihin kotoran kotaran yang masih bandel nempel sekitar lipatan bayi, misalnya sela sela jari kaki tangan, kuping, udel, dan ketiak bayi. biasanya tuang sedikit di kapas, atau kalo untuk tempat sempit pake cotton buds.

5. baby cologne
kalo yang ini agak jarang dipake, kalo abis mandi sebenernya dia udah wangi. jadi baby cologne biasanya dipake kalao mau jalan jalan, dia udah dress up.. buat touch up sedikit wangi wangi, tuang sedikit di tangan.. lap dikit dikit di baju nya.

6. baby powder
nah yang ini sebenernya ga banyak yang anjurin lagi, sejak dituduh menyebabkan gangguan penafasan pada anak. ingat jaman kecil kita ditaburin pake puff sama nyokap disegala bagian tubuh abis mandi. sekarang ada inovasi baby liquid powder untuk itu (mothercare sama konicare setahu saya yang keluarin). tapi selama kita ga heboh pakeinnya sebenernya bedak bubuk cukup aman. saya biasanya bubuhkan di tangan sedikit, bikin motif indian di bagian pipi dan kening sali, ratakan dengan jempol.


dalam kasus sali...

+ baby hair lotion
kepala sali gampang asem, soalnya sali dari lahir rambutnya udah banyak banget, dia gampang keringetan. jadi kalo udah agak lama dari waktu mandi kepalanya cepet banget ga wangi lagi. maka biasanya abis mandi sali saya kasih hair lotion, sambil disisir samping. 2 jam atao 3 jam habis itu, atau biasanya ketika ganti popok, kasih sedikit di kepalanya yang asem. dia jadi seger lagi. kalo untuk sali stock minyak telon dan hair lotion ini yang paling sering dibeli lagi.

+ baby shampo
sebenernya seperti yang saya bilang diatas, udah ada solusi 2-in-1 buat mandi bayi, namun ada kalanya kulit kepala terlihat kerak saat kering. biasanya kalo lagi gini. saya ganti pake shampo untuk membersihkan kerak kerak kepala. kalo udah ga ada, balik lagi ke baby bath.


dalam kasus kesalahan pada kalap...

- baby lotion
ternyata sali susah sekali diam waktu ganti baju. jadi waktu selesai pakein baju lengkap plus minyak telon pada awalnya, kita harus super cepat sebelum dia berontak marah. jadi manalah sempat kita anteng anteng kasih baby lotion segala. lagian di cuaca jakarta yang sangat panas ini, kalo dikasih lotion dia tambah gerah.
(note: tapi ada guna sedikit buat baby lotion kalo mau untuk pijat bayi bila ga ada baby massage oil, terutama baby lotion aman untuk sekitar muka)

- baby soap (sabun batangan)
nah yang ini bahkan ga sampe dibuka bungkusnya. mungkin nanti waktu sali udah bisa mandi sendiri dia bisa pegang sabun batangan ini.

- baby cream
baby cream biasanya kemasannya tube, emang lucu sih. buat dekorasi rangkaian baby care yang bentuknya botol semua. tapi ternyata ga gitu berguna. baby cream itu teksturnya lebih kental, dan lebih kesat, kurang cocok buat sali. kalo pake kaya dikekep. gampang berkeringat.

- baby rash cream
sebagai temen si baby cream dalam bentuk tube. ada baby rash cream. nah yang ini sama nasibnya sama baby cream, ga kepake. soalnya kalo sali udah timbul rash bekas pake diaper saya lebih baik pake bepanthen, lebih ampuh untuk menghilangkan lecet lecet di pantat sali.

semua ini sih berdasarkan pengalaman ama anak sendiri, jadi bisa berlaku lain pada anak masing masing. satu lagi, sali punya paket mini dari versi keperluan di atas untuk di take away, maksudnya set botol botol kecil yang akan dibawa di diaper bag bila bepergian, isinya.. minyak telon, baby bath, baby shampo, baby hair lotion , dan baby wipes.

4 comments:

  1. informasi ini bermanfaat sekali.. terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Anonymous2:35 AM

    Ibu Sali, produk zwitsal yg paling lengkap ada di supermarket mana yah? Kadang di satu tempat suka gak lengkap jd hrs cari lg di tmpt lain. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. eh maaf ibu... aku baru baca... waktu dulu sih aku ke toko baby yang banyak di ITC gitu lo... tapi lama lama aku ke supermarket aja. biasanya lengkap juga kok :)

    ReplyDelete