compose.. publish

9:41 AM



saya memulai blog ini ketika saya dan deni memutuskan untuk menikah. ga seperti blog blog ibu yang lain yang memulai blog dengan jurnal persiapan wedding, saya malah bikinnya setelah seluruh acara selesai. sebenernya ini cara saya buat "coping" dengan segala perubahan yang terjadi. dan media melihat kembali "milestone" yang kita alamin.

blog sendiri bukan sesuatu yang baru buat saya waktu itu. sejak blogspot baru muncul saya sudah pun ikut excitement itu. saya begitu terpesona dengan punya 1 space di seluruh dunia ini untuk menulis. tak peduli tak ada yang baca, bahkan tak mau dibaca sama yang dikenal. sempat sahabat saya manda, memancing berpindah ke wordpress dan multiply. tapi saya ga pernah nyaman dengan layout wordpress dan ga suka sosialisasinya multiply. jadi saya setia sama blogspot. walau sudah 3 kali berganti domain. sejauh ini social media selalu mengecewakan, friendster, multiply.. kebanyakan sudah kandas. tapi blogspot masih bertahan, setidaknya sampai sekarang. maka saya putuskan masih kekeh setia pada blogspot. thingamabobtales sendiri sebetulnya saya ambil dari stok lama blog saya yang ga pernah jalan. daripada boros bikin nama lagi, mending saya jalanin yang ini. isinya tentunya sudah saya buang.

saya tambah termotivasi setelah teman saya liliek yang mampir ke blog saya tiba tiba ym saya dan bilang.. yana, kamu harus liat ini, mereka kaya kamu dan suami tapi ala amerika. (ga ngerti juga kenapa dia bilang mirip, mungkin karena jaman pacaran saya dan deni suka lompat lompatan, foto foto, dan keliling keliling ga jelas). saya pun ngintip rockstar diaries, dan jatuh cinta dengan bagaimana mereka berdua berhasil mendokumentasikan perjalanan the davis. cara memaparkannya memang mirip cara saya dan deni. saya pun semangat menuliskan perjalanan kami.

seperti diary, saya selalu suka membaca ulang apa yang sudah lewat, melihat foto aja kita suka kebayang kan situasi waktu foto itu terjadi, apalagi dengan tulisan, semua rasa itu kembali terulang ketika kita membacanya. best part menurut saya dalam ngeblog.

ga seperti manda yang senang punya pemirsa di blognya. saya cenderung ga suka. karena itu saya ga pernah publish blog saya dimana mana, cuman di profile facebook saya aja saya taro. makanya selain manda, ga ada actual friend yang baca blog saya. kecuali nisha dan puan, yang sering saya kunjungi dengan komen. harus extra kepo untuk orang tau blog saya.

sampai suatu saat, saya ngerasa ditiru. setiap langkah saya, tiba tiba orang itu juga ngepost sesuatu yang sejenis. tadinya saya santai sampai saya tanya sama deni (karena kita kenal dengan orangnya) apa saya dan dia begitu mirip ya sampe bisa kebetulan begitu. saya sih masih bersikap ramah, bahkan saling komen di blog. lalunterasa sedikit kompetitif. sampai akhirnya kebetulan kebetulan itu semakin jelas menjadi plagiat. memang sih ga penting, tapi 1 pemicu essential buat saya. si peniru memakai julukan yang sama buat jabang bayinya, persis seperti saya. dimana lagi dia baca kalo ga di blog saya. yang bikin kesel adalah saya ga publikasi itu segembar gembor dia. which makes it "hers". deni pun bilang, ga ada yang bisa buktiin kalo itu lo yang mulai kalo orang ga tau. so.. publish it! kata deni. saya pun mulai mempublish blog dengan menaruh linknya di twiter, di instagram, dan semua social media yang saya punya. (walau dengan resiko bos saya baca blog ibu ibu saya yang dangkal. bos saya dosen komunikasi, dia percaya blog pribadi itu dimana dia bisa liat pandangan kreatif anak buahnya btw).

pokoknya saya ga akan ngebiarin si peniru bikin saya berhenti mengerjakan yang saya suka. dan kehilangan moment moment perjalanan keluarga kecil kami. ga kerasa udah ampir 4 tahun saya rajin update di blog. yang bikin rewarding adalah i stay true to my self, not trying to be somewhat someone, dan (a nice suprise) saya bertemu dengan orang orang (yang saya ga kenal) yang sekiranya sepikiran, saya jadi ngerasa omong kosong saya ga terlalu omong kosong amat. dan bonus istimewanya, saya bahkan jadi berteman dengan mereka. memang akhirnya orang sepikiran akan bertemu dengan orang yang sepikiran juga, walau eksekusinya berbeda beda.

blog ini sebenarnya jurnal pribadi, feelings & interest, dan ga bermaksud berguna buat orang lain. tapi kalau ternyata membantu rasa relate sama yang baca, saya bahagia banget. i love how my reader is actually strangers in the same room of interest. not just some random praising and hello's. :*

You Might Also Like

14 comments

  1. meskipun aku jarang komen (karena isin), tapi aku selalu suka baca blogmu lho. apalagi liat foto2nya :)

    ReplyDelete
  2. I enjoy reading your blog. Suka juga liat foto-fotonya, cerita-ceritanya, semua. :)

    ReplyDelete
  3. Hello stranger.....(seperti kata alice ke dan di opening closer)....
    Stranger with the same interest, aku suka kalimat itu...dulu,sblm tau blogspot dan baca2...kadang ngerasa jadi orang aneh,karna udah gede tp masih suka baca buku anak kecil,masih suka bikin prakarya, masih ngumpulin sticker dan stationery, masih suka pura2 main gitar klo denger lagu oasis.....tp ternyata aku ga sendiri...ada buanyak di luar sana yg punya kesukaan dan hobi sepertiku. Hal itu bikin aku ngerasa "ada teman" dan lebih humble...karna ternyata aku ya ga sehebat itu aneh nya..hehe
    Tau thingamabob, dari link yg kudapat di aalaya, waktu itu dia nulis ttg sebuah toko furniture yg menjual brg2 ala shabby chic gitu...nah akhirnya baca terus, karna ternyata isi nya ga pamer,cara penulisan pun enak dibaca, informatif, bnyk foto nya...
    Mudah2an yana tetep nulis, walaupun tau blogs ini bnyk fans nya...takut yana jd awkward dan berhenti...
    Salut dengan konsistensi mengisi blogs ini, semoga semua yg ada di tag wishlist mu tercapai ya yana..

    Idih,panjang bener kyk email :pa

    ReplyDelete
  4. Yana, saya suka banget baca blognya.

    ReplyDelete
  5. yan, sama! gw juga gak mengharapkan orang baca blog gw :)) gw lagi kepikiran malah mau buat blog dengan nama baru untuk ngoceh2 lebih gak jelas lagi.

    Tapi belakangan setiap mau ngeblog harus ngelawan rasa malas...gimana mau ada blog baru.

    P.s I like ur blog. Unique :D

    ReplyDelete
  6. makasi semuanya atas komen dan dukungannya.. :*

    @tyka hihi.. gpp tyka, makasi ya.

    @opi halo salam kenal, ah haru deh.. :)

    @fitri iyah i feel you, kadang kita suka terlalu congkak bilang diri kita unik ya. ga kok yang baca juga ga banyak, tapi berarti :) makasi ya..

    @atta hai atta.. makasi, semoga nyaman disini

    @nisha iyah.. gw inget banget pertama kali kaget wind-up ke blog lo jaman blogspot periode 1. dulu kita jauh lebih sotoy & hopefull, belom ketampar pengalaman. gw rajin karena ini semacam terapi buat gw nish, lagian sekarang bisa update lewat hp. :).. i like your blog too

    ReplyDelete
  7. haha sama banget.. kayaknya dari dulu kategori blog aku yg paling banyak itu curhat, macem buku diary aja :D dan sekarang jadi jurnal juga buat ngliatin foto biyyu day by day. eniwei waktu pertama kali kesini aku lgs suka n jadi kepengen maen terus n terus hihihi

    ReplyDelete
  8. kalo buka top sites di safari gue, ada tuh thingamabob tales disitu, pake tanda bintang, akibat gak bisa difollow jadi mesti rajin-rajin kepo untuk ceki udah ada yang baru apa belum post-nya. hehe.. :D

    ReplyDelete
  9. @tya @puan blog kalian berdua juga top list langganan blog walkingku... :D

    ReplyDelete
  10. Hahaha bangcat kalimat yang ada guenya. Ya, gitulah :p kalau gue, kan, jejak di dunia maya masih berhubungan dengan kerjaan juga.

    Melatih gue untuk bisa berbasa-basi sama orang juga ... ini juga masih dalam lingkup kerjaan, yang menuntut saya harus bisa ramah sama orang haha.

    ReplyDelete
  11. Kelupaan ... hihi dibahas juga soal sebutan jabang bayi.

    ReplyDelete
  12. @manda hahaha... biar jelas aja, bukan soal universal thought ;)

    ReplyDelete
  13. Aku juga suka baca blogmuuuuuu :D

    ReplyDelete
  14. @wury aaah wurryyy... nih yang kaya gini nih yang bikin malu... dibaca sama tukang nulis macam kamu.. makasi aku mah.. :*

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

recent posts