Tuesday, May 28, 2013

little hideaways

om dan tante saya memulai rumah tangga di rumah kecil di pinggir kota bandung. sekarang sih mereka tinggal di jakarta, dan rumah mereka pertama yang mereka cicil itu kini jadi hideaways keluarga selagi di bandung. setelah 30 tahun, sudah lega selesai menyekolahkan ketiga anaknya, om saya cicil cicil benerin rumah pertama mereka. di sini rumah dibikin seseru-serunya. bahkan atasnya ga dikasih atap, tapi dibikin area taman atas. lengkap dengan saung, paling enak nongkrong diatas sambil ngopi dan nyemil. sambil liat sawah dan udara bersihnya bandung pinggiran. waktu saya hanimun hanimunan ama deni dulu kami nginep di sana. sambil senderan dan nyeruput kopi saya bilang.. 30 tahun nih den, bisa kejadian kenikmatan kaya gini, kita bisa ga ya? pasti bisa kata deni.


nanti, 30 tahun lagi cires bakalan kaya gini ya den :)

Monday, May 27, 2013

menang belakangan

dulu waktu kelas 3 SMA, saya dengan bangga bilang saya mau ambil desain komunikasi visual. ada pria pengganggu hidup saya yang mencibir saya (kami berdua sama sama suka menggambar). gini katanya "ngapain sih lo yan ngambil dkv, ngambil sekolah sih gambar, gambar mah hobi." saya balas "atleast, i didn't lie on what i wanna do, it's my passion, it's the path i choose". saya balas mencibirnya karena dia ambil hukum.

sepupu saya dulu ga seberuntung saya bisa milih design. padahal dia tukang gambar marvel terjago yang pernah saya temui. tepat waktunya dia memilih kuliah, ayahnya meninggal. dia terpaksa memilih sekolah negri, pilihannya pun harus di toleransi, pokoknya harus bisa masuk negri kalo tidak ya tidak kuliah. sepupu saya ini mengalah, dan memilih meteorologi & fisika kalo ga salah. pokonya bukan pilihan favorit. akhirnya dia pun menjalanin pengorbanannya setelah lulus dia bekerja sebagai peneliti, sampai akhirnya mendapat pekerjaan di universitas nanyang di singapur. kemarin saya dapat kabar dia akan kuliah lagi untuk gelar Phd di sana :)

ayah saya juga dulu punya cerita yang sama, berkat doktrin yang sama oleh keluarganya. kalo ga ITB, ga kuliah. dia pun mengorbankan jurusan tekhnik sipil di IKIP yang sedang dijalaninya. dan mengambil ulang kuliah di ITB dengan jurusan geodesi. geodesi gitu? apapula itu. bagusnya ayah saya pintar, dia bahkan sempat jadi asisten dosen. dan diajak proyek proyek pemerintahan sama dosennya. sampai akhir dia sendiri berani sedirian mengambil proyek. ayah saya dulu yang bikin pemetaan irigasi sepanjang jawa. bayangkan nyali dan reward besar yang dipegangnya.

teman saya yang diatas gimana, terakhir ketemu dia sedang antar anaknya sekolah naik mobil eropa. dia memang sekarang jadi corporate lawyer.

kalo dia ngeliat saya sekarang, pasti dia sedang menari tarian "told you so" ala grace. dia benar kerja kreatif ga dibayar mahal. baik di visual atau pun tulisan. kerja kreatif macam advertising atau majalah mungkin rasanya bergengsi banget. shooting, photoshoot, online, offline, grading. ketemu director. kadang kalau beruntung, shooting di luar negri. padahal itu semua kan biaya produksi bukan juga lari ke dompet kita. bukannya ga bersyukur sama penghasilan saya. tapi gini deh prbandingannya bos saya ga mungkin gajinya sebesar seseorang yang setara dengan posisinya di pihak klien. bos saya ga mungkin bisa beli rumah di pondok indah, pak klien bisa. beda kalo ngomong bos expat ya :)

saya ngobrol ngobrol ama teman kantor saya selvy, dia designer grafis. gini sel, kita tuh menang di depan. bangga ga sih pas bilang, lo kuliah apa? DKV.. dibanding lo bilang ekonomi atau hukum atau teknik minyak, lebih keren ga sih rasanya. hihihi..

dia bilang, bener juga yan. suami gw juga ambil kuliahnya asuransi. bayangkan membosankannya. sekarang dia enak, dicari cari headhunter, karena bidangnya jarang. sekarang dia udah 6 bulan magabut. dia kerja kalo ada proyek, bisa pulang ontime. dengan gaji yang lebih besar dari kita yang kerja mpot mpotan disini. hihihi.

menyesal dengan pilihan saya? ga juga sih, tapi andai saya tau ini bisa memberi sali kesempatan-kesempatan lebih baik, saya mau melakukan pengorbanan-pengorbanan tidak keren itu. :)

Thursday, May 23, 2013

the penguins.. the penguins.. the penguins..

i found this while searching how to make play doh soft again.. she's so cute! someone's been a regular "how to cook on you tube" viewer much.. :* kiara mei

Tuesday, May 21, 2013

goin' frugal?

jadi, keuangan saya dan deni emang teramat kacau. beberapa waktu saya terpikir untuk memakai financial planner. namun deni selalu bilang, kita sendiri juga bisa asal displin. yasuw.. saya mundur. lalu beberapa hari ini, saya sering denger yang namanya frugal. pernah juga selewatan baca di mommies daily. rupanya hidup gaya frugal ini lagi in. apa sih frugal? menurut web ini, it’s about living smarter, so that you can afford to live the life that you want to live – the life that you dream of living.

sebenernya, konsepnya adalah.. living better with less. mengurangi jajan sana sini yang sering kita anggep ah cuman segini aja. atau lebih baik bayar lebih biar dapet kemudahan. misalnya
1. makan siang keluar, saya dan deni sebenrnya dapet makan siang dari kantor. tapi yah kan suka bosen ya liat makanan di kantor, jadi bawaannya mau jajan aja sambil cuci mata.
2. konsumsi ojek yang sehari hari saya lakukan, sebenernya saya bisa saja naik trans jakarta dari kantor, tapi kalo mikir trans jakarta yang datengnya setahun sekali itu, dan membayangkan macetnya gandaria, hadeh saya rela bayar 25 ribu dari itc permata hijau sampe pim, padahal, 25 ribu x 25 hari kerja sudah berapa.
3. jajan kalo di rumah, sebenernya saya suka udah keburu capek masak, kalo udah pegang cucian kalo weekend. dan mau gampangnya aja :P. jadi saya suka suruh deni beli makanan. kalo pun mau masak biasanya saya belanja di tukang sayur, padahal tukang sayur yang lewat itu, harganya harga food hall. tapi karena pasar cinere mayan jauh, yah udahlah.
4. internet di rumah, tiap bulan kita bayar internet di kompleks, ga mahal sih, ga seperti langganan internet yang umumunya. tapi kan untuk internet yang cuman terpakai 2 hari dalam seminggu, yaitu weekend, malahan kadang ga kepake, mayan buang nabung receh ya.
5. laundry kiloan, kalo ini saya kurang yakin mau nge-cutnya. masalahnya bukan cuman sayang tenaga tapi mana pula ada waktunya kejar setoran cuci tiap minggu, kalo nyuci cuman sempat weekend, dan tanpa mesin cuci yang proper pula. jadi laundry kiloan tetap frugal living buat kami :P

kan kan... sebenernya hal hal kecil yang demikian yang bikin kita paling boros. padahal kalo liat tetangga, kok udah pasang ini pasang itu dirumah. lalu punya SLR. punya duit pulang kampung. dan bla bla bla. itu semua karena saya dan deni meremehkan hal hal demikian.
kalo dulunya mungkin saya akan menunjuk kata pelit, arti langsungnya. saya dan deni emang ga akrab dengar pelit, malahan cenderung boros. tapi makin baca referensi refrensi frugal living, saya makin tertarik. memang sih blog blog ini ga semenarik rockstar diaries dan bleubird vintage. yang mana isinya barang barang cantik dan travel yang bikin kita ngiler, sampe sedetil detil talenannya kita kepengin. tapi kalo baca blog blog frugal moms, way of thinkingnya jadi beda... dan kaya dikejar kejar, bulan depan target barang barunya apa ya, atau ah udah ngicer sepatu itu dan baju itu... dan wisata ke tempat itu...

tapi ibu ibu ini malahan ngakalin hidup supaya terlihat lebih jelas kemana arahnya dan menghargai hal hal kecil sama keluarga sendiri. dibanding, pergi ke tempat rekreasi anak atau workshop anak, kenapa tidak bikin workshop kreatif sendiri di rumah. dibanding nonton bioskop sama suami sebagai kencan berdua, kenapa tidak, nonton dvd, bikin pop corn ketika anak sudaj tidur, atau dansa dansi sedikit di ruang tamu. dibanding ngincer baju yang mau dibeli bulan depan besok, kenapa juga tidak ngoprek ngoprek stok lama (jangan lupa hibahkan yang ga perlu).

ini referensi yang cantik buat referensi frugal living
1. small notebook
2. the minimalist mom
3. frugal mama
4. the frugal girl
5. frugal mom
6. sunshine and sippy cups
dan kalau mau tau ada good bargain ada
7. thrifty frugal mom 

looks like going less is much much fun, and we might just get the things we really want.

I Could've Been Your Girl

lucu nih buat dansa dansa sama si jibun

awan awan dikamar


waktu tinggal di haji zaini dulu, saya penakut banget tidur sendiri. dengan bujukan boleh hias kamar seenaknya, saya pun mau pindah kamar sendiri. waktu itu temanya taman, kamar dicat biru muda, dan saya cat pilox putih buat bikin awan awan. liat blog ini jadi inget kamar biru itu, sepertinya mudah nih bikin stencil awan kaya gini buat kamar sali.

Thursday, May 16, 2013

all the people, so many people...

...
this is how the 90's kids do it kids!


such an emotional concert.. and the funnest i've ever been to :) 


Monday, May 13, 2013

...

there is still hope...

Tuesday, May 07, 2013

small changes around the house...

sedikit hias hias pake karya sahabat saya Aya, hari sabtu kemarin saya dan sali nongkrong di tokonya TOKO 19, ngobrol ngobrol sambil makan siang pepes ikan mas, dan cemal cemil almond muffin. lucu ya talenan balon udara yang saya pesan custom made, dan wood card bulu-bulu bikinannya. belom sreg sih ama tata talenan dkk, tapi mayan gini dulu deh :)


Thursday, May 02, 2013

sebelum siang di kota hujan

sudah lama kami ingin ajak sali ke bogor. yah napak tilas, masa pacaran ibu sama abahnya, sekalian napak tilas 'ayo' web magz iseng iseng yang pernah kami buat. sekalian juga ngajak sali naik kereta. sabtu kemarin, kami lagi bokek bokeknya, deni bilang dia lagi mumet banget ama kantor. kita jalan yang agak jauh tapi ga banyak keluar uang yuk. saya pun ingat gaya pacaran kami yang ngemper dulu, akhirnya saya bilang, piknik aja yuk ke bogor. wah iya kata deni. saya pun siap siap jumat malam, agar pagi kita sudah bisa berangkat. jam 4 pagi saya masak nasi goreng buat kita piknik sarapan disana nanti. sali juga ga susah di ajak mandi pagi, soalnya pake bujukan, siapa yang mau naik kereta! kami pun berangkat pagi, dengan tujuan tidak berpanas panas ria disana, dan pulang sebelum kebun raya terlalu ramai.

sali senang sekali, bahkan sempat tidur dibawah pohon karena capek dan angin sepoi sepoi. sayangnya kami ketinggalan si imau di bangku taman sehabis makan es krim, dan kami baru sadar kalau si imau ketinggalan waktu kami sudah di museum zoologi. yah semoga si imau bahagia dengan teman barunya ya sali :')