officially missing it

7:49 AM

malem ini deni lembur, saya dan sali berduaan aja di kamar. dia baru aja tidur, setelah main main bentar dan nyusu. daritadi dia sudah teler sebenernya, tapi maksa melek karena ibunya baru pulang. ga lama main, dia udah merengek minta tidur. setelah beberapa bait nyanyian sumbang, dia pun tidur. tiba tiba saya kangen banget nyusuin dia. kangen tangannya main main, kangen mata liat mata saya, kangen hembus nafasnya ke dada saya, kangen meluk badan pasrahnya, sambil mainin jempol kakinya. bukan cuma pingin kasih asi, tapi kangen menyusui.

kira-kira 2,5 bulan yang lalu asi saya mengering. ga nyalahin keadaan tubuh atau apapun kecuali diri sendiri. waktu itu kami sedang pitching klien sangat potensial. saya bahkan suka tema campaign dari strategic planner. perempuan punya pilihan. tapi sayangnya saya yang tidak punya pilihan saat itu. ga bisa ninggalin tim untuk brainstorm dan ijin sebentar untuk mompa. 3 hari berturut-turut saya ga mompa sama sekali, selama dikantor sekitar 14 jam. saya cuma sempat nyusuin sali malam hari. akhirnya asi pun mengering.

sedih rasanya. kami tidak menang pitching itu. rasanya saya kalah 2 kali. on the pitch and on sali. saya salut dan iri sama ibu bekerja di industri seperti ini yang bisa eksklusif kasih asi. perjuangan berat pastinya. andai saya bisa berbagi ada poin poin penting yang mestinya saya ingat.

- jangan takut/segan minta ijin
asi itu on demand, jadi pada saatnya dia mesti dipompa dia ada. kalo kita tunda pompanya timeline mundur dan kapasitas berkurang.

- langsung hubungi yang ahli
jika mulai ada tanda berkurang, cepat hubungi atau datangi klinik laktasi. ini yang saya ga lakukan, semestinya secepatnya, bukan nunggu waktu yang ada.

- makan bergizi yang banyak
banyak dan baiknya kualitas asi itu sangat dipengaruhi dari apa yang masuk ke mulut ibu. jadi kalo mau kualitas dan kuantitas asi baik, tolong geser dulu habit males makan dan minumnya.

- banyak baca
persiapan mau menyusui itu bukan cuman cari breastpump dan teman-temannya, tapi baca. metode menyusui dan mompa pun beda beda, kalo dari pengalaman sendiri, ga semua yang dibaca pasti berhasil di kita, tapi dengan banyak baca, banyak cara yang kita tau.

- ga usah pake gengsi
ini sebenernya musuh besar saya selama nyusuin. malu mompa ditempat umum. geleh liat diri sendiri pake nursing apron, kesannya cari perhatian. belum lagi tiap jalan ke kamar mandi bawa peralatan mencolok, pasti ditanya. mompa ya?

- panasan ternyata perlu
saya paling sebel sebenernya sama twit atau status yang laporan tentang pumping. bukan saja kesannya pamer, tapi insensitif sama yang ga bisa kasih asi. tapi kayanya faktor ini penting demi panas memanasi diri supaya ga mau kalah. sayang dulu saya ga terpancing.

poin poin diatas mungkin bukan yang penting seperti di forum forum atau buku, ini lebih ke rasa personal dari sebuah penyesalan :P

ah sali ternyata ibu kurang kuat. mungkin adekmu nanti lebih berhasil niat ibu. kangen nyusuin kamu... huuft

You Might Also Like

1 comments

  1. -__-" ada salah satu poin yg lo sebut dan gue insist lo harus bisa mengalahkan itu tp lo ngeyel. *toyor Yana*

    Ah, tak perlu disesali, yg penting dijadikan pelajaran. Syukuri perjalanan yg kemarin. Gue pun kangen walaupun masa menyusui lebih sebentar dr lo T__T

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

recent posts