mencoba mengurangi kopi instan (2)

2:13 AM

ini postingannya buat tyka.. yang nanyain soal mencoba mengurangi kopi instan (maaf aku baru baca)... aduh kalo soal takaran aku juga kurang ahli. lagian sebelah meja aku ahli banget nih, malahan bawa moka pot segala ke kantor.. aku jadi malu kalo ampe ketauan dia nih.. :P aku sertain video dari youtube yang jadi acuan aku coba coba pake french press ya..



kalo dari asal asal aku yang sesuai selera aku aja.. aku mah kopinya kopi java arabica biasa aja, merk excelso ada beberapa jenis kopi sih sesuai selera ada juga yang house blend, tapi aku kurang cocok, di supermarket juga ada. biasanya ada tulisannya bubuk atau biji, kalo di gerai excelso biasanya bisa digilingin sama masnya, minta kasar yang medium, soalnya kalo sampai bubuk, bubuknya suka tembus di french press, sedangkan kalau terlalu kasar dia ga bisa maximal diseduhnya, karena setelah disiram air panas di french press cuman butuh 4 menit, lalu siap dituang. kalo lagi abis gajian alias beduit, aku beli blend tetangga-nya kopi tuku di cipete. aku juga belom berani beli kopi kopi dengan packaging bagus yang mahal itu.. lagian ini juga udah upgrade dari coffeemix. :D

kalo merk french pressnya kata temen aku sih mau murah apa mahal macam bodum, sama aja. kalo aku sih karena simpen di kantor resiko pecah sama OBnya tinggi, aku beli yang delicia keluaran ace hardware. harganya karena kemarin diskon ga sampe 100 ribu. tapi cita cita juga sih punya bodum warna putih, siapa tau ada yang mau beliin buat ulang tahun.. *kedip kedip

kalo untuk ukurannya, kalo buat sendiri, biasanya aku 3 sendok teh kopi, airnya secangkir. selama kita tunggu sampai 4 menit, aku tuang gula sachet sebungkus di cangkir, dan dua sendok teh creamer, kalo kamu suka lebih manis dan lebih creamy tinggal ditambah. sebenernya lebih enaknya pake susu diamond, cuman kalo di kantor ga ada kulkas yah apa boleh buat. kalo di rumah biasanya deni lebih suka pake susus kental manis, jadi ga perlu pake gula ato creamer lagi.

gitu aja sih.. semoga bisa bantu.. emang sih bikinnya agak rempong kalo percis kaya di referensi youtube di atas, aku biasanya ga pake preheated french press segala sih. dan tips kalo nyuci french press, tuang dulu air ke dalam french press putar sedikit supaya ampas kopi ga ada yang nempel ke bagian gelas, lalu tuang, dijamin ga perlu ngudek ngudek ampas yaang nempel di french press dan tinggal cuci. :)

You Might Also Like

1 comments

  1. Makasih buanyak mbak yana :-*

    ~tyka

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

recent posts