sali & alergi

9:41 PM

waktu saya hamil besar obgyn saya bilang saya harus diet garam, biar tensi saya turun. kalo tidak, saya ga bisa ngelahirin normal. maka sebagai pengganti snack, setiap hari saya bawa jagung rebus, wortel, rebus dan buncis rebus. itu cemilan saya di hari hari akhir mengandung sali. diet yang berhasil, tensi saya pun turun, walau waktu melahirkan saya tetap dikasih obet penurun tensi, agar tensi saya bisa turun lagi. tapi setelah melahirkan saya baru tau, kalo jagung ternyata memancing alergi buat si bayi. saya sendiri punya riwayat alergi. saya alergi udara, kalau ada perubahan udara terlalu cepat, panas ke dingin, atau udara lembab, saya pasti langsung sesak nafas. makanya jagung makin jadi pemicu sali ikutan alergi.

sali alergi apa? nah.. waktu sali sekitar 3 bulanan, tidurnya sering bunyi grok grok.. nafasnya seperti berat dan berlendir. kami pikir dia pilek, ternyata dia alergi bulu, makanya kami langsung singkirkan semua mainan sali yang berbulu, dan selimut selimut tebal yang ada dikamar. setelah itu, ga ada lagi tidur bunyi bunyi.

lalu ketika sali udah mau dekat 1 tahun, sali sering mencret. kalo sudah mencret dia bisa pup terus terusan, dikit dikit tapi sering. karena sering ganti diaper, sali jadi lecet dan ruam. kami kasian kalo dia nangis terus. kalo pipis dia bisa ampe jerit jerit. maka kami periksakan ke dokter. sali dicurigai alergi. tapi alergi itu ga bisa langsung ketauan kecuali di tes satu satu. maka sali di suruh diet susu 3 hari. hanya di kasih nasi, sayur, dan air putih.

kami belum tahu, sali alergi susu atau makanan. setelah 3 hari, kami kasih dia susu kedelai. mencretnya hilang. lalu pelan pelan kami coba makanan baru satu satu. tiap kami kasih macaroni, atau berbahan dasar tepung, dia mencret lagi. humm.. berarti sali alergi gluten. lalu setelah beberapa lama, kami coba kasih sali susu sapi lagi, dia mencret lagi. haduh nih anak alergi susu juga. gagal deh rencana saya mau kasih uht setelah dia setahun. sudah ASI gagal, UHT pun gagal. :P

sebenernya sali tipe yang pinter makan, nyuapin sali itu surga banget, mudah sekali. ga pernah ada yang namanya dilepeh atau mengunci mulut. tapi terimakasih karena diet nasi dan sayur itu. buyar semua selera sali. masalahnya sali itu tipe yang tiap hari mesti ganti makanannya. saya ga selalu kasih nasi ke dia, kadang roti, pancake, pasta, kentang, ubi, dan lain lain. kalo tiap hari hanya nasi sayur, dia langsung ilang selera. dari mulai dimakan tapi lama sekali, sampai tangan saya didorong, biar ga masuk ke mulutnya.

tapi perlahan lahan, selera sali mulai balik. dia doyan tahu dan tempe. apalagi sekarang dia lagi periode mau makan sendiri. walau lama, dan senewen, paling engga dimakan. dia suka banget sama yang berkuah, dan anget. misalnya pake sayur bayem, atau sayur sop. dasarnya sebenernya dia doyan makan, makannya apa aja mau. bikin suka ga tega kalo dia minta apa yang kita makan. belum lagi kalo lagi bareng naima di rumah si mama, apa yang naima makan pasti dia minta. akhirnya saya pun sedikit melunak, kadang kami kasih juga, gapapa lah dia mencret dikit *nyengir, tapi ga setiap hari. dalam sebulan sesekali kami kasih yang pantangannya. pasta pasta-an, roti, keju, atau susu uht. kata si mama, dinta adik saya dulu juga begitu. baru umur 6 tahun, semua alerginya hilang. akhirnya bisa makan minum normal. mudah mudahan sali nanti juga begitu. sementara waktu kami patuh, sambil bandel dikit. :D

You Might Also Like

4 comments

  1. Mau share dikit ttg alergi-nya Aidan. Udah diketik, taunya jadi panjang, sekalian curhat kayaknya. hehehe.. nanti deh ditulis di blog jg aja. :D

    ReplyDelete
  2. mahu mahu di share dong, kemaren ketemu blog resep gluten free, tapi kayanya gw belum cukup telaten buat yang demikian.. :)

    ReplyDelete
  3. nara juga alergian yan...turunan gw dan suami gw. Ini keliatan banget abis makan either dairy products, kacang, coklat..langsung rash2 kulitnya. Garuk2 sampe berdarah huhuh katanya sih alergi bakal2 ilang sendiri seiring umur...ih gw berdoa deh!!

    ReplyDelete
  4. iyah.. sali juga, makan salah dikit pupnya langsung cair.. iyah katanya nanti alerginya ilang kok nis... amin disini juga!

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

recent posts