...

kayaknya pingin beralih meng'index' perjalanan sali dancing di sini aja. mungkin entah saya yang lebay ngomongin soal sali dancing di sosmed, kok lama lama kayak ngundang komen ga enak. kali iya saya juga mesti koreksi diri, emang ga semua paham soal anak seusia sali yang udah punya komitmen ke dancing (atau apapun).

komen bisa dari orang yang ga deket sama saya sampe yang paling deket. sampe saya speechless, mau respon apa. okelah kalo disebut sekali mungkin bercanda, tapi kalo sampe dua kali, saya kan jadi mikir, apa iya emang udah unek-unek dia selama ini, jadi dia juga udah mikirin gimana cara keluarnya. sekali pertama respon saya kayaknya ga cukup puas dia, sampe lupa, lalu jadi komen kedua kalinya. saya juga ga kepengen ngerusak hubungan karena kita deket banget. dan cuman gara-gara beda interest terhadap anak, kita jadi saling judgemental.

seperti yang saya udah pernah tulis soal sali di ig, saya ga bisa kasih standart "baru anak-anak" ke sali. sali emang kalo mau, dia komit. mau soal nari, atau puasa misalnya. mana saya nyangka tubuh sekecil dia, dan belum masuk SD, sudah berani untuk audisi nari, tampil setelah 24 penari lainnya. atau dia bisa puasa fullday 14 hari, demi dapet spinner aja. saya dan deni emang ga bisa underestimate sali. kita ga bisa lah memandang rata kemampuan semua anak berdasarkan usia.

sebenernya saya dan deni sudah berkali-kali meragukan apakah sali bisa di Lil G.O, dan sudah beberapa kali bertanya ke temen-temen ibu-ibu dancer lain, bahkan guru dan yang punya sekolah narinya. apakah sali bisa? dan kalau sali ternyata belum mampu gapapa, kita mundur. karena sali paling kecil di timmya, dan mindset belajarnya belum seperti kakak-kakaknya. tapi semua meyakinkan supaya sali tetep stay di Lil G.O, karena mereka yakin kalau sali mampu. sepertinya kalo saya dan deni mundur, kami yang ga adil buat dia. kami yang ga kasih ruang buat dia tumbuh.

soal waktu latihan yang banyak bertanya di waktu hari sekolah, yah memang sali itu dari dulu bukan tipe yang tidur cepat, selesai latihan saja sali masih bisa loncat loncatan, sampe kalo keluar kelas, ibu-ibu lil g.o lain suka tanya, "belom puas ya sali, nanti di rumah latihan lagi baru bobok ya.." cuman ibu-ibu lain yang ngerti kalo sali batrenya energizer. tapi pastinya diimbangin dengan tidur siang. kalo ada jadwal latihan sore, sudah pasti saya pesen sama mama untuk sali tidur pulang sekolah. sali biasanya patuh, karena sudah tahu kalo dia tidak tidur siang konsekuensinya dia ngantuk dan ga konsen kalo latihan.

soal sali kok bisa tau dancer yang hitz. yah emang naif sih kalo mikir sali nyari sendiri di youtube. kalo anak punya interest kita jadi orang tua juga 'wajib' dukung dia buat kasih tau dancer yang bagus kayak apa. nanti dia sendiri kok yang milih yang dia suka yang mana. yang gaya apa yang paling dia minat. sama aja kalo misalnya anaknya suka nulis, kita juga mesti pancing dia supaya tau penulis yang bagus tuh siapa, tulisan yang bagus tuh kayak apa. kita yang dukung fasilitas supaya dia tetep interest. sama aja kaya kalo anak kita suka frozen, atau star wars misalanya.. mana anaknya tau atau mendalami karakternya itu siapa, kalo bukan ibunya yang kasih tau. sama aja, cuman kalo sali beda idola. bukan chewbacca atau princess mononoke.

jadi orang tua dari yang anaknya udah punya komitmen dari kecil itu selalu proses belajar terus buat saya dan deni. ga bisa anaknya tiba-tiba jadi. kemarin dia mogok tampil setelah persiapan latihan intesif 2 kali seminggu selam 4 minggu. paginya latihan lancar, waktu blocking di tempat pun lancar. satu menit sebelum tampil dia nangis. waktu tau kalo sali ga tampil, repsonnya temen temen saya banyakan yang bilang, 'gapapa lah, masih anak kecil." "kalo anak gue mah digituin bodo amat, ga mau yah ga mau." bukannya mau ngegampangin sih, kalo gini, saya ga belajar, berusaha ngertiin sali apa masalahnya. karena tiap sali tampil ga pernah punya masalah, berarti selama ini saya dan semua ngegampangin kalo dia selalu siap tampil. kalo mau jujur, sebenernya sali udah kasih saya hint-hint kalo dia ga siap, dan walau saya udah kasih pep talk dikit, ternyata masih kurang buat performance sebesar kemarin. dan sali keburu main terus seharian jadi mentalnya 'ga siap'nya sebenernya dia alihin ke having fun. kalo gini saya dan coachnya harus belajar mental prepnya sali buat kedepannya.

sali emang masih SD, masih 7 tahun. tapi kalo saya cuman anggep kemampuannya cuman kayak anak-anak, kita yang ga adil buat dia. dan males berpikir buat kesiapan mentalnya. ga ada yang namanya prima dengan instant. kali saya juga mesti stop posting prosesnya dia di sosmed, jadi yang lain mikir dia udah jadi apa apa, dan jadi mancing komen ibu-ibu yang belom masuk tahap itu di  anaknya. ga ada yang salah kalo misalnya anak coba-coba activity cuman buat anaknya seneng-seneng aja. sali pun kemarin sebelom masuk crew juga begitu, saya juga masukin dia les sabtu aja. seneng-seneng buat nyalurin apa yang dia suka. tapi kalo ternyata orang lain liat potensi anak kita lebih dari yang kita bayangin, lalu kami mesti bilang engga gitu?

saya rasa kami belom obsesi sih soal sali jadi dancer, (karena banyak orang tua dancer yang obses, saya sering liat, yang ngejer guru sampe ujung jakarta demi anaknya belajar sama guru yang terkenal jadi pencetak dancer :D) saya ga pengen dia jadi dancer kok. saya pingin dia punya skill lain kalo udah gede selain sekolah. dan saya mau dia punya kumpulan teman bukan hanya di sekolah, karena dia akan jadi jago kandang, dan kehidupannya hanya berputar sekitar sekolah. di luar sana banyak dunia lain, dan ga sempit melihat jangkauan kita. kalo ini tiba tiba dia SMP ternyata punya interest lain selain nari, gambar misalnya, yah saya dukung lagi. saya dan deni ikut alurnya sali. yang pasti belajar ga bisa setengah setengah, karena nanti kayak bapak ibunya, ga punya skill apa apa. selain belajar di sekolah.

ini komitmen saya dan deni kok ketika punya anak 1, kalo dia punya interest kita punya cukup uang buat mendukung minatnya. kalo sekarang saya dan deni mundur uman karena mikirin komen orang, kami yang malu sama sali soal komitmen.

Comments

  1. Yan, gue punya sahabat. Sesama orang tua murid di sekolah. Anaknya udah bisa dibilang atlit renang. Dia les renang dari umur 4 tahun, tapi gurunya melihat potensi lebih di diri dia. Sekarang dia umur 11. No matter how people sees her as a champion, gue tetep lihat ibunya lebih hebat lagi. Karena 7 tahun selalu bangun jam 4 pagi, anter latihan ke senayan trus ke sekolah. Pulang sekolah, anterin lagi ke senayan. Sabtu minggu selalu penuh kejuaraan. Belom lagi anaknya juga jago piano dan harus difasilitasi juga. So, gue agree sih. Anak2 yang mencuat itu nggak lain karena ortunya juga penuh komitmen. finansial dan tenaga. Goodluck ya buat elo dan deni! proud!

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you wurr.. kalo sekarang kita cuman ngikutin anaknya aja, kalo anaknya ga mau, yah udah kita ga lanjut. tapi kebetulan anaknya mau. kalo orang tua lain liatnya hiphop keren kerenan, mau jadi ortu belagak keren. padahal kalo kenal gw sama deni, kita ga banget dengerin hiphop, sumpah kita berdua ngerasa hiphop tuh keren tadinya. tapi kan anaknya yang mau, kl idealnya sih dia ikutan ballet, tapi kan dia ga doyan. masa kita mau maksa dia mesti jadi anak-anak demi konten anak mesti "bersih". anak yang belajar di suruh ama yang minat tuh beda banget. kita ga bisa selamanya mesti kurasi apa minat anak, dan gw ngerasa kebanyakan orang tua belom bisa menghargai itu, suka heran aja kenapa tadinya support liat potensi sali, tiba tiba sekarang jadi nyinyir. nanti juga ketemu potensi anaknya, semoga ketika waktunya dateng mereka juga support minat anaknya bukan cuman mikir dari kacamata ortunya aja. jadi nyembur curhat.. hahaha.. bener banget komitmen finasial dan tenaga.. dan waktu.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts