potty training

kami sedang try out potty training sali beberapa minggu ini. ternyata ga sulit ajak sali kerjasama dengan urusan ini (beda dengan sikat gigi). apalagi kalo pake kata kunci, sudah besar. dan untungnya sali bukan tipe yang pipis malam hari, jadi kemungkinan ngompol malam sangat kecil. kalau siang hari, asal 2 jam sekali dia diajak pipis pasti dia mau. cuman masalah pupup aja yang kita suka kalah nego. mungkin karena udah keburu ga enak perutnya, dan ga mau berdiri lagi. tapi dengan sedikit lebih kenal ekspresi muka mau pupupnya, kita bisa antisipasi cepat, dan langsung bawa ke kamar mandi. sali juga nampaknya senang dengan proses ini. kalo liat mukanya puas berhasil pipis atau pup di kamar mandi, lalu dia bilang, udah gede ya sali ya bu *dengan senyum sumringah

dua kali akhir pekan, saya coba tanpa pampers (kecuali kalau pergi keluar). minggu pertama ada 2 kecelakaan. minggu kemarin tanpa kecelakaan sama sekali *ibu bangga. ternyata kalo kita niat bisa! ibu saya pun sangat support dengan potty training ini. makanya saya stok celana dalam sali yang banyak dan warna warni. sali sendiri suka dengan berbagai koleksi celana dalamnya. (kadang minta pake 2 lapis -_-). kalau lagi dititip di mama, saya kasih pampers 5 buah selama seminggu cuman terpakai 2. tapi lain kalau di ibu (mertua), walau sepertinya support, "iyah mau kok sali kalo ibu ajak ke kamar mandi" tapi jatah 4 pampers yang yang kasih setiap hari selalu habis, sedangkan jatah celana dalam 3 buah tak pernah tersentuh. mungkin ibu belum percaya kalo anak sekecil sali sudah bisa bilang, dan ga mau repot dengan akibat telat respon. yah memang susah menerapkan disiplin ilmu, kalo rumahnya sali ada 3 gini.. :)

untungnya sali ga lupa dan masih senang dengan trainning kami ini. jadi daripada pusing mikirin si ibu yang ga ikut sama pelatihan ini. mendingan saya dan mama tetep usaha. hasilnya.. sali ga terpengaruh. tadi pagi saja, padahal pake pampers (karena malamnya sebelum tidur sali minum air putih banyak, kami takut bablas ngompol tengah malam), sali bangun bangun langsung bilang sama saya, "sali mau pipis ibu" lalu saya bilang "yah udah pipis aja, sali pake pampers kok" dia malah bilang "ga mau, kamang mandi aja" lalu saya pun ajak dia ke kamar mandi, dan buka pampersnya. pampersnya kering. dia pun langsung pipis begitu ditaruh diatas toilet. "kaya pepi ya ibu, sali udah gede" kata sali.

Comments

Popular Posts