salma dan cacha, saya dan sali

...

sali sekarang kok malahan lebih gampang rewel ya yan.. kata deni suatu hari. saya jawab, gapapa lah den kalo pikir pikir dia tuh baru 3 bulan.

lalu saya jadi mikir panjang... dan keterusan. iya yah kalo pikir pikir sali memang baru 3 bulan, ini sebenernya usia yang baru bisa saya tinggal, namun karena cuti 1 bulan saja, saya jadi suka ngerasa dia udah gede. sudah lama saya tinggal (tinggal kerja). saya langsung ngerasa kurangnya waktu saya sama dia.

pekan kemarin sali ketemu sepupunya salma, yang lahirnya beda 2 bulan lebih awal dari sali. salma diasuh sama ibunya cacha sendiri di bandung. kemarin kita sama sama main ke rumah oma uyut. memang salma sudah jauh lebih besar dari sali (umur kalo itungan bulan jauh, sama besar badannya juga). salma dipegang full time sama cacha, saya bisa lihat di muka salma kedekatan salma dan cacha. yang saya senang dari cacha dan salma, cacha bukan tipe ibu yang tertekan sama internet, dia jalanin jalinan hubungan sama bayinya berdasarkan insting, waktu, dan kenyamanan salma. betapa banyak waktu dan kebersamaan mereka berdua. iyah, sudah pasti salma asi eklsklusif. tapi saya tidak pernah merasa di judge sama cacha kalo ngasih campur sufor ke sali. dia tau kondisi saya dan dia berbeda.

terus terang, saya bosan liat forum ibu ibu yang kerjanya parno, dan stress mikirin do's and dont's nya anak, dan satu lagi kompetisi, sepertinya ibu ibu berlomba lomba membandingkan kelebihan anaknya daripada anak lain, atau yang lebih saya curiga keberhasilan ibu dibanding kesejahteraan anaknya. saya bahkan curiga, apa pun yang dikerjaan ibu ibu bukan lagi demi anak, tapi demi menghindar dari sakitnya judmental forum. belum lagi kalo teman seangkatan punya anak punya penilaian ini itu terhadap tindakan kita ke anak.

apa apun yang saya lakukan bukan karena saya ga sayang sama sali, saya sayang sekali. justru saya mencari cara bagaimana caranya membuat dia nyaman, bukan plus minus saya jadi seorang ibu. kita jadi lupa kalo ibu punya insting, insting yang kuat anak pun akan merasakannya. seperti yang saya rasakan di salma dan cacha.

saya rasa saya sudah cukup menelan forum ibu ibu mentah mentah seperti yang saya lakukan waktu masa hamil. sekarang saya mau menikmati apa yang nyaman buat saya dan sali... saya mau sali me'rasa' kalau saya sayang dia...

i love you sali, in own way.. *smooches.. ibu

*pictures taken on my one month leave.. gosh i miss those times

Comments

Popular Posts