asi dilemma

...

saya sudah niat pingin asi ekslusif seperti keberhasilan adik saya kalo kelak nanti punya anak. maka waktu hamil saya siap siap, gimana caranya biar bisa mewujukan cita cita ini, tanya tanya, baca baca... cari pompa yang sesuai karena tau nanti akan meninggalkan bayi untuk masuk kerja. semua alat asi sudah saya lengkapi, beli botol ASIP, juga termasuk benerin kulkas, agar tidak khawatir kulkas rusak ditengah jalan.

waktu melahirkan saya minta di IMD biar sali nanti bisa merangsang air susu keluar, dia pun dengan pintarnya mengisap. begitu juga 3 hari berikutnya ketika yang keluar masih colostrum. sebulan saya dirumah pemberian asi lancar, cuma sempat berkurang sehari karena saya malas makan, habis itu saya langsung cari cari daun katuk, dan makan yang banyak. kalo asi kurang, sali rewel luar biasa.

selama cuti yang hanya 30 hari itu, saya berhasil memompa ASI 19 botol, rasanya sudah banyak sekali waktu liat kulkas atas hari terakhir saya cuti itu. ternyata asi hanya bertahan 4 hari saja, selama saya kerja, sali bisa minum 4 sampai 5 botol. sedangkan ketika ngantor saya hanya sempat memompa sebanyak 2 botol, paling banyak 3. waktu 1 bulan memang tidak cukup untuk menyetok asi.

waktu mama saya bilang, ga mau di campur formula na? saya langsung sensi. sebenernya saya kecewa pada diri sendiri, kenapa sih ga bisa. saya tetep ngotot asi ekslusif, malahan jadinya nyalahin si mama, karena dia kasih susu-nya kebanyakan. tapi kalo cuman 3 botol yang dikasih, sali rewel sampai semalaman, nyusu sama saya jadi marah marah, dan ga mau lepas lepas.

akhirnya deni bilang, apa ga mau coba opsi lain? ditambah aja yan, kan lo tetep bisa nyusuin kalo ada deket dia, dan terus pompa, tapi kalo asinya kurang, ditambah susu formula. akhirnya saya pikir pikir lagi. soalnya kalo saya senewen takut kurang stok-nya, mompa jadi ga tenang.. akibatnya susu jadi sedikit yang keluar.

saya pun menyerah, asi ekslusif hanya bertahan 40 hari saja. tapi saya ga mau lepas semuanya. kita kasih dia susu formula maximal 2 botol sehari, sisanya asi, yang dipompa, atau menyusui langsung.

alhamdulillah sali doyan dan ga alergi susu formula, dan tetep doyan asi saya, tanpa perlu beli susu yang mahal. saya pun lebih tenang memompa, dan mencari jadwal yang enak buat mompa. pertama, pagi habis bangun tidur, 2 kali di kantor, sekali lagi ketika sampai dirumah.

sudah ibu usahakan sebisa mungkin, andai punya waktu lebih, mungkin bisa.. maaf ya sali, ibu ga bisa kasih kamu asi eksklusif.

Comments

  1. *peluk*

    Ga ASIX bukan berarti gagal kasih ASI kok. Tetap semangat yaaaaa ...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts