salimun salaman sama rubella

jadi selama saya cuti kemarin salimun sakit.. :(. hari kamis dia sumeng, jumat malam dia panas. masih jumpalitan aja sih, masih ngikutin gerakan nari nari di hi five. tapi yah gitu rewel dan ga mau makan. ga pernah pernah sali betah ga makan kaya gini. jumat, sabtu, minggu dia panas, naik turun, mulai turun banget hari minggu, jadi sumeng sumeng aja lagi. makanya waktu dia nolak ditinggal acara lamaran sepupu saya, yah kami ga tega juga, jadi diajak. hari senin panasnya hilang total, tapi tetep ga mau makan, cuman mau susu aja.

karena panasnya hilang total, saya ga begitu khawatir buat ninggalin dia ke kantor hari rabu, waktu cuti saya selesai. tapi siangnya mama telfon.. na, kok sali ada bintik bintik merah ya dibadannya. akhirnya saya cerita sama manda. manda bilang, wah mungkin rosoela atau rubella. saya, mama dan deni antar sali ke dokter. karena saya terhambat meeting yang lama, sampai di rs cuma ada dokter IGD. ternyata sali terkena rubella, bedanya dengan roseola, bentuka rash-nya berbeda. kalo rubella lebih kecil kecil, reoseola lebih besar dan lebar. campak, roseola, dan rubella masih dalam gejala gejala yang sama, anak panas, tidak mau makan. rasanya horor banget ga sih begitu tau rubella, ga juga sih.. sebenernya ga bahaya buat sali, tapi bahaya kalo didekatnya ada ibu hamil. untungnya ga ada. jadi saya dan mama tenang tenang aja sampe hilang semua gejala.

dari dokternya sali ga dikasih obat apapun, hanya makan dan minum yang banyak. wajar kalo sali belum mau makan. kata bu dokter kalau dia makan hanya masuk 2-3 sendok masih bisa dimaklumi, yang penting minumnya yang banyak. soalnya tinggal nunggu si virus lewat aja. nanti lama kelamaan nafsu makannya akan naik dengan sendirinya.

Comments

Popular Posts