sali 20 bulan


udah lama banget ga nulis perkembangan sali.. jadi demikian..

1. udah bisa ngitung 1 sampe 10 denagn bahasa sendiri. atu, dua, tiga, mpak, ima, nam, ujuh, papang, biang mbuyuh... papang, biang mbuyuh (entah kenapa yang 3 terakhir selalu diluang)

2. tau konsep angka dua, ada cicak di dinding, sali: cicak.. lalu ada 1 cicak lagi dateng.. sali: cicak dua.. :)

3. suatu hari dia lagi ngoprek ngoprek tas saya, ngeluarin semua barang dari dompet, sampe sampah ga penting. lalu ketemu name tag kantor yang ada foto saya. dia spontan panggil saya.. ibu, lalu pas saya nengok, dia cium name tag yang ada foto saya itu *meleleh :')

4. udah bisa nyanyi lengkap, baru 5 lagu sih, satu satu aku sayang ibu, cicak di dinding, balonku, topi saya bundar, dan burung kakak tua. walau kadang suka di mash up sama dia.

5. sudah mulai benerin kata yang tadinya salah.. misalnya tadinya ikang.. sekarang sudah ikan.

6. sudah bisa nyebutin semua binatang dan benda benda di bukunya.

7. udah bisa nyebut semua orang yang di kenal. dari ibu, abah, ummi, tita, bunda, pak de, mima (naima), ompi, nenek, aki, mama, nte (tante), omalek (om alex).

8. tau nama.. sali abahnya siapa? neni amat (deni rachmat), ibunya? anna (yana) neneknya? dedeh, akinya? udang (ujang)

9. sudah bisa nerangkai 4 kata jadi kalimat. ali mamam dulu ya.

10. lil drummer dadakan. jadi kami pergi sekeluarga ke kawinan. adik saya ais yang nyetir yang kendaliin radio. lalu lagunya smashing pumpkin yang agak ngedubrak ngedubrak. sali yang mau duduk sendiri di tengah (ga mau dipangku atau dipegangin) tiba tiba nabuh nabuh kedua bangku dengan dengan tangannya.. lucunya ketukannya bener... tiap drum ga gitu keras kepalanya goyang kiri kanan, waktu reff, dia langsung tepok tepok kursi lagi. patuh 1 lagu, sampe lagunya abis.

11. gila sepatu. minggu lalu deni ketemuan sama fahmi dan robin, saya dan dinta ajak sali jalan jalan keliling pake stroller. sampai kami di sale zara. saya pun ke bagian anak. mata sali berbinar binar liat semeja sepatu. langsung bilang, uka uka (buka), kinih aja patu (sini aja sepatu). kuuukkka ibuuu.... itu kinih aja (sambil tunjuk sepatu ballet shoes biru).. tulun yuk.. (minta turun).. turunlah dia lalu pake sepatunya sendiri.. lalu jalan keliling toko -_-

12. meniru suara binatang. deni punya aplikasi gambar dan suara binatang di hpnya.. minggu lalu kami ke ragunan pagi pagi sambil olahraga (iyah belum mandi). kami pun ajak sali keliling kebun binatang, juga smutzer. tiap kandang sali udah bisa sebutin binatangnya, dan meniru suara suara binatang, seperti aplikasi yang biasa deni mainkan buat dia. auuummm...

13. sedang kerajingan elmo. mau dimana pun. entah kenapa dari berbagai muka pasaran seperti dora, shaun the sheep, sponge bob, thomas, dkk sali doyannya elmo. dimana mana carinya elmo. mana ternyata cari barang elmo itu rada susah ya (iyah ternyata susah), buku aja di gramedia ga ada, kalo pun ada, yang ribet ( ada piano ato bunyi bunyiannya)

14. buku favoritnya sekarang just like my mommy (*haru). jadi sebagai hadiah melahirkan saya dikasih anggia buku just like my mommy. sali baru ngerti konsep bukunya sekarang, kata si mama kalo minta bacain dia minta itu terus.. lalu kalo lagi baca dia tunjuk anak kecilnya lalu bilang ali... dan yang ibu di gambar dia bilang ibu *berkaca kaca

Comments

Popular Posts