puskesmas

...

setiap kali sali perlu imunisasi saya membawanya ke puskesmas.
kok puskesmas? murahan amat?
sebenernya saya bawa dia ke puskesmas karena alasan yang lebih praktis. karena saya bekerja saya harus minta izin ke kantor untuk datang agak terlambat bila waktunya sali imunisasi. dengan bantuan tante saya yang bekerja di puskesmas jagakarsa, sali bisa dapat giliran yang lebih cepat. curang memang.. tapi demi sali ga rewel, dan saya bisa sampai kantor tidak terlalu siang.

tapi sebenarnya saya suka membawa sali ke puskesmas. puskesmas sekarang tidak sehoror yang saya bayangkan dulu... sudah lebih besar dan bersih. imunisasinya pun lengkap, 5 yang wajib. yah nanti untuk yang dianjurkan pemerintah, saya akan bawa sali ke dokter anak.

setiap saya bawa sali kesana, kami jadi liat kehidupan lain dari yang biasa kami liat. kami? iyah, saya dan sali.

saya, jadi liat kalangan bawah ibu ibu yang beda sekali sama yang biasa saya lihat di lingkungan saya. atau di forum internet yang saya baca, bahkan di antara teman-teman di facebook saya. tapi tetap saja sama.. sama sayangnya sama anaknya, sama bela-belainnya buat anak, sama niat baiknya, sama pingin ngasih asi-nya, sama aja nebujukin bayinya, sama aja goyang goyang kalo mulai rewel dan menyanyi, sama aja konyolnya kalo lagi ngomong ama bayinya :P

biasanya sambil nunggu, kami ngobrol ngobrol dikit, nanya-nanya udah berapa bulan, dan saling memuji anak satu dengan yang lain, sambil ajak ajak ngobrol bayinya juga.

sali juga begitu, dia senang sekali kalo diajak ke puskesmas. sambil digendong biasanya dia lonjak lonjak, tau kalo banyak temen. semua diliatin sama dia.. yang kakak kakak, yang adek bayi... semua mau diajak ngobrol sampe manyun dan basah sama ludah... mana dia tau soal murah mahal, golongan, latar belakang semua orang ini.. yang dia tau.. banyak temannya...

walau saya senang ajak sali kesana tetap saja, pelayanannya kadang suka kurang manusiawi, dan biasalah.. orang kalo punya kuasa sedikit suka menindas. apalagi sama ibu ibu ini yang dianggap tidak tahu apa-apa.

tapi saya tetep seneng bawa sali kesana, berada di sana bikin saya lebih napak. dan terbuka.

*foto bukan puskesmas yang kami datangi tapi fotonya bagus :D

Comments

Popular Posts