cinder-ella


sudah nonton sinderela? sali sudah! yah periode princess-princessan belom kelar. lagian sejak sali liat poster cinderella di bioskop, kayanya udah lama banget, sali bikin kami janji buat bawa dia nonton nona sepatu kaca ini. deni pun mikir, akan sangat memenuhi fantasi dia ga sih, kalo nontonnya pake baju elsa. jadi yah udah hari weekend ketika akhirnya cinderella main di bioskop, kami langsung nyamperin bioskop terdekat. sayang waktu kesana tiket sudah habis, padahal kami sampai jam 12, yang ada baru jam 5. kami pun mesti bilang ke sali untuk pending acara nontonnya. untung hari itu dia manis dan ga nagging. kami (saya dan deni) rencananya mau ke gandaria hari itu. eh pas di gandaria, malahan ada 3 theater yang setel cinderella, jadi deh sali nonton cinderelly hari itu.


tadinya sali sempet takut. cinderellanya orang ya ibu? ada serem sremnya ga? tapi waktu dibuka dengan musik dan pemandangan rumah yang indah, sali ga takut lagi. apalagi short movie depannya itu frozen fever, bahagia bener deh sali ketemu elsa dan ana lagi. sepanjang film, sedikit sedikit kami ceritakan jalan ceritanya. sali pun ga berenti nanya. kenapa gini? kenapa gitu? kenapa sinderela nangis? kenapa dia sedih? kenapa dirobek? kenapa dipecahin? dan keyword sali setelah keluar bioskop adalah... meninggal. yah abis semua meninggal ya, ibunya cinderella, bapaknya, rajanya... jadi pertanyaan sali ada 2. kalo sali meninggal ibu sedih ga? satu lagi, sali boleh ga kalo udah besar beli sepatu kaca? (tetep ya sepatu...) btw, sinderella di sini pake sepatu butut warna biru percis bututnya sama punya sali, jadi sali makin ga mau buang deh tuh sepatu dia (yang ibu udah nyerah nyucinya, mesti direndem sehari semalem). oh iya, dan kuda, sali makin pingin naik kuda... entah kenapa jagoan perempuan disney selalu berkuda ya?

buat saya yg disni frik, saya ngeliat cinderella ini cantik banget... hihihi.. tapi kayanya ini cinderella bukan buat anak anak ya. atau buat anak yang lebih gede kali ya? soalnya banyak banget banget reason why di sini. mungkin cara bercerita yang lebih modern. mungkin ini versi lebih sederhananya dari cara bertutur di maleficent. yang saya suka sih, tagline have courage and be kind yang terus menerus disebut. menurut saya itu penting buat ditanam di gadis gadis minil yang nonton. yang saya kurang suka sebenernya baju pestanya si sinderella, dan hairdo-nya, ga tau ya, dengan muka sempurna dan badan sempurna macam lily james, saya rasa banyak gaun yang lebih stylish dari ini. kalo liat instagramnya lily james aja, baju dia pas premiere lebih bikin bengong daripada baju biru buatan fairygod mother, dan kupu kupunya itu.. hadeuh, ganggu.

lalu kemarin saya beli dvd cinderella disney yang dulu. sepulang kantor, nunggu abahnya pulang, sali nonton bareng saya. sinderella ini ternyata bentar banget ya, cuman sejam lebih. dan ceritanya lebih sederhana. tapi ternyata saya dan sali suka... hihihi. sali sampe minta nonton 2 kali. dia mungkin lebih mengerti alur ceritanya dibanding cinderella yang di bioskop. padahal eksekusinya minim, maksudnya ga ada glitter2an atau canggih dengan cgi kaya frozen. tadinya saya pikir dia bakal bosen dengan tampilan yang sederhana, gelap, ga canggih dan detail. kaya brave, rapunzel, atau frozen.

dan buat saya, saya kok lebih cinta sama yang lama ya, okay... film ini bersalah dalam pembentukan cinderella syndrom anak 80-an kaya saya. tapi jelas sekali, disney masih banyak eksperimen dan imajinasi di animasi. cgi membuat animasi jadi lebih real, dan kita yang orang dewasa terkagum kagum liat rambut, kain dan tekstur es dalam animasi yang baru ini. tapi begitu asli keliatannya ga ada lagi ruang sureal buat main mainnya animator. saya begitu terpesona dengan adegan sederhana waktu cinderella lagi ngepel, dan nyanyi nightingale.. i think, this is what animation is all about. dimana ruang ga real bisa dimanfaatin. sepertinya, kalau bisa saya bilang, cinderella 1950 dibuat oleh orang art-base, sedangkan kalo cinderella 2015 dibuat oleh orang copy-base.


Comments

Popular Posts