goin' frugal?

jadi, keuangan saya dan deni emang teramat kacau. beberapa waktu saya terpikir untuk memakai financial planner. namun deni selalu bilang, kita sendiri juga bisa asal displin. yasuw.. saya mundur. lalu beberapa hari ini, saya sering denger yang namanya frugal. pernah juga selewatan baca di mommies daily. rupanya hidup gaya frugal ini lagi in. apa sih frugal? menurut web ini, it’s about living smarter, so that you can afford to live the life that you want to live – the life that you dream of living.

sebenernya, konsepnya adalah.. living better with less. mengurangi jajan sana sini yang sering kita anggep ah cuman segini aja. atau lebih baik bayar lebih biar dapet kemudahan. misalnya
1. makan siang keluar, saya dan deni sebenrnya dapet makan siang dari kantor. tapi yah kan suka bosen ya liat makanan di kantor, jadi bawaannya mau jajan aja sambil cuci mata.
2. konsumsi ojek yang sehari hari saya lakukan, sebenernya saya bisa saja naik trans jakarta dari kantor, tapi kalo mikir trans jakarta yang datengnya setahun sekali itu, dan membayangkan macetnya gandaria, hadeh saya rela bayar 25 ribu dari itc permata hijau sampe pim, padahal, 25 ribu x 25 hari kerja sudah berapa.
3. jajan kalo di rumah, sebenernya saya suka udah keburu capek masak, kalo udah pegang cucian kalo weekend. dan mau gampangnya aja :P. jadi saya suka suruh deni beli makanan. kalo pun mau masak biasanya saya belanja di tukang sayur, padahal tukang sayur yang lewat itu, harganya harga food hall. tapi karena pasar cinere mayan jauh, yah udahlah.
4. internet di rumah, tiap bulan kita bayar internet di kompleks, ga mahal sih, ga seperti langganan internet yang umumunya. tapi kan untuk internet yang cuman terpakai 2 hari dalam seminggu, yaitu weekend, malahan kadang ga kepake, mayan buang nabung receh ya.
5. laundry kiloan, kalo ini saya kurang yakin mau nge-cutnya. masalahnya bukan cuman sayang tenaga tapi mana pula ada waktunya kejar setoran cuci tiap minggu, kalo nyuci cuman sempat weekend, dan tanpa mesin cuci yang proper pula. jadi laundry kiloan tetap frugal living buat kami :P

kan kan... sebenernya hal hal kecil yang demikian yang bikin kita paling boros. padahal kalo liat tetangga, kok udah pasang ini pasang itu dirumah. lalu punya SLR. punya duit pulang kampung. dan bla bla bla. itu semua karena saya dan deni meremehkan hal hal demikian.
kalo dulunya mungkin saya akan menunjuk kata pelit, arti langsungnya. saya dan deni emang ga akrab dengar pelit, malahan cenderung boros. tapi makin baca referensi refrensi frugal living, saya makin tertarik. memang sih blog blog ini ga semenarik rockstar diaries dan bleubird vintage. yang mana isinya barang barang cantik dan travel yang bikin kita ngiler, sampe sedetil detil talenannya kita kepengin. tapi kalo baca blog blog frugal moms, way of thinkingnya jadi beda... dan kaya dikejar kejar, bulan depan target barang barunya apa ya, atau ah udah ngicer sepatu itu dan baju itu... dan wisata ke tempat itu...

tapi ibu ibu ini malahan ngakalin hidup supaya terlihat lebih jelas kemana arahnya dan menghargai hal hal kecil sama keluarga sendiri. dibanding, pergi ke tempat rekreasi anak atau workshop anak, kenapa tidak bikin workshop kreatif sendiri di rumah. dibanding nonton bioskop sama suami sebagai kencan berdua, kenapa tidak, nonton dvd, bikin pop corn ketika anak sudaj tidur, atau dansa dansi sedikit di ruang tamu. dibanding ngincer baju yang mau dibeli bulan depan besok, kenapa juga tidak ngoprek ngoprek stok lama (jangan lupa hibahkan yang ga perlu).

ini referensi yang cantik buat referensi frugal living
1. small notebook
2. the minimalist mom
3. frugal mama
4. the frugal girl
5. frugal mom
6. sunshine and sippy cups
dan kalau mau tau ada good bargain ada
7. thrifty frugal mom 

looks like going less is much much fun, and we might just get the things we really want.

Comments

  1. This is my favorite post.inspiring.salam kenal mba yana:) btw,waktu kmrn di kebun raya bogor,kita satu spot. Tp aku g berani nyapa.....hehe.

    ReplyDelete
  2. hoyaa? aku ngga ngeh, pas dimana? depan kafe dedaunan ya? eh iya, salam kenal juga silahkan mampir mampir.. :)

    ReplyDelete
  3. Bukan mba,pas di bwh pohon beringin tmpt sali tidur siang..hehe..sali suaranya gemes...surprise bgt krn ternyata bisa ketemu dgn mba yana dan keluarga kecil nya. Aku suka baca tulisan dan gambar2 nya karena isinya bagus,simple dan ga pamer seperti mama2 urban lainnya. Dari blogs mba aku jadi tau latte bowl, musik2 aneh, tulisan bags..etc.jadi semangat nabung dan berani beli rumah...hehe.keep on writing ya mba.btw, boleh juga mampir ke tumblr ku dan instagram ku wulafit....hehe.semoga suatu saat bisa ketemu lgi y,walaupun ga disengaja...

    ReplyDelete
  4. hihi makasi... udah mampir juga ke blogmu, i enjoyed your blog.. malahan bilang ama sahabatku, kok bisa ya orang yang tulisannya lebih bagus dari gw betah baca blog gw ya :P semoga beneran ketemu yaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts